Minggu, 12 Juni 2016

OTAK KOKO JOBEN WATERFALL


Air Terjun Joben. Para Penelusur pernah belum untuk berwisata ke air terjun tetapi mempunyai keunikan dengan menyembuhkan penyakit?. Bila belum pernah, cobain nih untuk mengunjungi Air Terjun Joben yang terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini tingginya sekitar 5 meter, airnya yang jernih dan segar mengalir sepanjang waktu.
Para Penelusur tau ga sebutan lain dari Air Terjun Joben ini? ternyata nih air terjun joben ini biasa disebut oleh orang sekitar dengan nama Otak Kokok, bahasa sasak yang artinya sumber air atau bisa di artikan hulu sungai. Mungkin bagi penduduk di sekitar lombok timur terdengar sangat familiar. Namun bagi orang di luar Lombok pasti mereka merasa asing dan pasti tidak ada keinginan untuk kesana. Mungkin yang paling terkenal dan yang mereka tahu hanya Gili terawangan saja.
Air Terjun Joben ini sangat indah dan asri lho dengan Air terjun yang sangat berkhasiat, warga sekitar sih percaya kalau air terjun tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit. Dengan mandi dibawah air terjun ini kemudian apabila air yang menerpa tubuh berubah menjadi putih seperti putih susu maka tubuh orang yang mandi tersebut terdapat penyakit dan apabila terus di guyur dengan air terjun itu maka penyakitnya akan segera sembuh. Air yang mengalir pun keluar dari akar pohon usia ratusan tahun. Para Penelusur percaya ga?
Para Penelusur pasti akan sangat suka kalau datang kesini. Karena semakin lama tempat ini semakin terkenal sehingga di jadikanlah tempat ini sebagai salah satu pusat rekreasi dengan dibangunnya gazebo-gazebo serta kolam renang. Suasana di joben akan terasa lebih indah dan menyenangkan jika disertai dengan hujan gerimis gerimis. Di Joben memiliki 2 kolam yaitu kolam dangkal dan kolam dalam. kolam dangkal di khususkan untuk anak anak kecil dan kolam dalam untuk orang dewasa. Air terjun joben ini cukup dingin, jadi Para Penelusur yang kurang tahan dengan rasa dingin jangan berendam lama-lama ya. Jika Para Penelusur datang pada hari libur banyak para pedagang yang berdagang disana. Seperti dagang jagung, dagang asesoris dan dagang nasi. Terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, gazebo, ruang ganti, penyewaan pakaian renang, pelampung, kolam renang anak-anak dan dewasa serta air terjun.
Para Penelusur yang ingin kesini jika datang dari arah Lombok Tengah atau Lombok Barat, Para Penelusur harus mengambil jalan utama menuju ke arah Sumbawa, di Lombok Timur tepatnya di Paok Motong dan akan melihat plang nama besar yang bertuluskan Otak Kokok, kemudian belok kiri dan masuk, jalan menuju Otak Kokok akan menanjak dan terus menanjak karena sudah berada di kaki Gunung Rinjani, jangan kuatir dengan jalanannya, jalan menuju ke Otak Kokok sangatlah baik dan telah di aspal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar