Senin, 13 Juni 2016

WISATA SEJARAH KOTA TUA


Kota Tua Ampenan-sesuai namanya, kota ini didominasi oleh bangunan-bangunan tua yang kini masih di pertahankan di wilayah Mataram. Dari enam kecamatan yang ada di Mataram, kecamatan Ampenan inilah yang tampak berbeda karena suasana kota tua sangat terasa disini. Selain itu, Ampenan juga pernah menjadi salah satu tempat terpenting di Lombok pada masa kolonial Belanda.

Lokasi dan Akomodasi Lokasi dari Kota Tua Ampenan ini tentunya berada di kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Berada di bagian barat pulau Lombok dan berbatasan langsung dengan Selat Lombok, yakni selat yang memisahkan antara Pulau Lombok dan Pulau Bali. Karena lokasi dari kecamatan Ampenan yang tak jauh dari pusat kota Mataram, membuat akses menuju Kota Tua Ampenan tidaklah sulit untuk ditemui, baik menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota yang bisa anda temui di pusat kota mataram, atau di dekat Mataram Mall. 

Ongkos angkutan kota sekitar Rp 2.500*) per orangnya. Nah, jika anda ingin mencoba menggunakan angkutan khas NTB, anda bisa menggunakan angkutan berupa delman yang bernama Cidomo. Tarifnya juga tergolong paling murah yakni Rp 2.000-Rp 3.000*) saja. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum lainnya seperti taksi ataupun ojek. Untuk anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, jika dari pusat kota Mataram anda bisa langsung menuju Jalan Pejangik atau Jalan Langko, ikuti saja jalan utama hingga anda memasuki Jalan Yos Sudarso. 

Tak lama anda akan tiba di simpang lima dimana dari simpang inilah wisata anda menuju Kota Tua Ampenan dimulai. Jika anda berada di Bandara Selaparang, maka jaraknya sangat dekat, karena bandara tersebut berada di kawasan Ampenan Utara. Untuk menuju simpang lima yang sama, anda tinggal mengikuti Jalan Adi Sucipto dan belok ke kiri menuju Jalan Saleh Sungkar.

Sejarah Singkat Kota Tua Ampenan memiliki cerita sejarah yang penting, tak hanya bagi Mataram, tetapi juga sejarah penting bagi Pulau Lombok dan wilayah sekitarnya. Hal ini tak terlepas dari peran Ampenan yang menjadi kota pelabuhan utama pada masa kolonial Belanda serta menjadi pusat kota dan pusat bisnis di Mataram. 

Pelabuhan Ampenan mulai dikembangkan sejak tahun 1800 serta menjadi kota penting dan menjadi pusat perdagangan di Lombok pada tahun 1948-1950. Sayangnya, karena besarnya gelombang laut di Selat Lombok, membuat dermaga ini terpaksa di tutup pada tahun 1970 dan berpindah ke Pelabuhan Lembar. Lama kelamaan, wilayah Ampenan mulai sepi dan jauh dari kesibukan seperti dulu. Namun, sampai saat ini, arsitektur bangunan tua sejak masa kolonial tersebut tetap dipertahankan.

Wisata Kota Tua Ampenan merupakan salah satu aset wisata sejarah dan budaya di kota Mataram. Bangunan-bangunan tua yang mencirikan bekas bangunan Belanda ini menjadi keunikkan tersendiri dibandingkan dengan kecamatan lain di wilayah Mataram. Selain itu, hal yang istimewa dari Kota Tua Ampenan ini adalah kekayaan akan etnis yang mendiami wilayah ini. Di wilayah kecamatan Ampenan ini, dihuni oleh beragam etnis yang mendiami beberapa perkampungan. 

Seperti yang bisa anda lihat di kota tua ini, anda akan menemukan Kampung Cina, Kampung Melayu, Kampung Bali, Kampung Bugis, Kampung Arab dan Kampung Banjar. Keragaman etnis ini memperkuat sejarah dari keberadaan pelabuhan yang mempermudah akses masuknya beragam kebudayaan ke wilayah Ampenan ini. Untuk memulai wisata anda di Kota Tua Ampenan ini, tak perlu bingung untuk memulainya. Biasanya, para wisatawan memulainya dari simpang lima dekat Jalan Yos Sudarso untuk memulainya. Dari simpang ini, anda sudah bisa melihat bangunan tua bertingkat yang kental dengan arsitektur Belanda. Salah satu area yang menjadi minat pengunjung adalah wilayah bekas dermaga. Ketika anda memasuki wilayah bekas dermaga ini, anda masih bisa menemukan sisa reruntuhan dari dermaga tersebut. Saat ini, sisa dermaga tersebut digunakan sebagai lokasi memancing bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang ingin menikmati suasana di wilayah dermaga ini.

Selain itu, kegiatan memancing ini sering dilakukan untuk menunggu sunset yang indah dari tempat ini. Hal ini tak terlepas dari fungsi bekas dermaga ini sudah menjadi objek wisata berupa pantai. Ya, bekas lokasi dermaga utama pada masa lalu ini, kini menjadi pantai yang bernama pantai Ampenan. Ketika bewisata, tentunya berasa kurang kalau tidak mencoba kuliner khas kota tersebut. Di Kota Tua Ampenan ini, bisa anda jumpai ruko-ruko berarsitektur kuno namun menjual beragam kuliner khas Lombok dengan rasa yang lezat. Anda bisa menjumpai beragam makanan khas seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung dan banyak kuliner khas lainnya yang dominan dengan rasa pedas.

Tips 1. Sebaiknya gunakan kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, dengan begitu anda bisa puas mengelilingi Kota Tua Ampenan. 2. Sempatkan menuju Pantai Ampenan di sore hari, karena sunset yang bisa anda lihat disini sangat menakjubkan 3. Jika anda ingin mencari penginapan, wilayah sekitar Ampenan ini merupakan tempat yang cocok karena berada berdekatan dengan beberapa objek wisata lain.

Keragaman etnis dan budaya, tetap menghadirkan kerukunan dari tiap warga yang mendiami wilayah Kota Tua Ampenan ini. Jadi, selain berlibur dan melihat aset sejarah di kota Mataram, anda juga bisa memetik pelajaran berharga bahwa perbedaan bukanlah penyebab dari perpecahan. Nah, tunggu apalagi? Akan banyak pengalaman dan pelajaran baru yang bisa anda petik dari sini. Selamat berlibur!

FOR INFORMATION ABOUT TRAVEL ON LOMBOK / PAKEJ PERCUTIAN BOLEH WA : +62 82237716583 (AFFANDI) 

1 komentar:

  1. INGIN MENCARI KEMENANGAN SECARA TERUS MENERUS
    TUNGGU APA LAGI BURUAN JOIN BERSAMA www.Zoya99.com
    DAN RAIH KEMENANGANNYA SELAMA BERMAIN DISINI
    DAPATKAN BONUS" YANG SANGAT MENARIK DISINI
    - BONUS ROLINGAN TERBESAR
    - BONUS REFERALL TERBANYAK
    DENGAN MINIMAL DEPOSIT RP.20.000
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7GAME SEKALIGUS
    RASAKAN PELAYANAN CS YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    TUNGGU APA LAGI.. INGIN MENANG HANYA DI ZOYA99
    INFO
    BBM: D8B82A86 / 2BE5BC31
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    CERITA SEX: http://zoyasex.blogspot.com/2017/11/zoyasex-menginap-di-hotel-bareng-mama.html

    BalasHapus